Author : Khurnia Eva Nilasari

Widyaiswara : Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Padang

Hasil Penelitian ini dilakukan dengan melalui tahapan mendeskripsikan kegiatan Diklat, menganalisis data efikasi guru dan kompetensi pedagogikguru, dan bagaimana efikasi diri guru setelah mengikuti model-model pembelajaran terhadap kompetensi pedagogikguru.Balai Diklat Keagamaan Padang melaksanakanDiklat Teknis Substantif (DTS) Pendidikan secara regular di dalam kampus dan Diklat nonregular di luar Kampus. Untuk diklat nonregular di luar kampus secara
12nomenklatur disebut dengan Diklat Di Wilayah Kerja (DDWK). Secara teknis, pelaksanaan DDWK ini sama dengan diklat reguler di luar kampus, mulai dari penyelenggarakan dan kurikulum yang digunakan.DDWK DTS Model-model Pembelajaran dilaksanakan selama 6 hari dengan 60 Jam Pelajaran. Mata Diklat Inti terdiri atas 1) Konsep Model Pembelajaran, 2) HubunganKonseptual dan Fungsional antara Strategi, Metode Pembelajaran, Pendekatan, dan Model Pembelajaran, 3) Model Pembelajaran Project Based Learning, 4) Model Pembelajaran Discovery dan Inquiry Learning, 5) Model Pembelajaran Problem Based Learning, dan 6) Praktik Model Pembelajaran. DDWK ini diikuti oleh 30 orang peserta dengan yang berprofesi sebagai guru madrasah dengan jenjang yang berbeda. 10 orang peserta berasal dari MIN, 14 orang dari MTsN, dan 6 orang dari MAN yang semua berada di wilayah kerja Kementerian Agama Kabupaten Solok.Evaluasi DTS Model-model Pembelajaran dilakukan untuk mengetahui efektifitasnya dari segi bertumbuh dan berkembangnya efikasi diri guru setelah mengikuti DTS ini dan kompetensi pedagogikguru.

 

DOWNLOAD FULL ARTICLE